Cari Dokter

12/02/2020

RSUD Bulukumba Bagi Tips Fakta Olahraga Bikin Sehat dan Awet Muda

Humas RSUD BLK, – Banyak orang memercayai bahwa olahraga dapat membantu menjaga kebugaran bahkan dapat menurunkan berat badan. Hal itu adalah fakta yang sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Bahkan dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh University of Birmingham, Inggris, yang mencoba melihat seberapa banyak orang sehat yang benar-benar menjalani olahraga atau rutin berolahraga.

Hasilnyapun sangat mengagumkan yang membenarkan bahwa kebugaran adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh atau sistem imum, bahkan bisa membuat awet muda.

Hal itu dibenarkan oleh Kasubag Humas dan Promosi Kesehatan, RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Gumala Rubiah menurutnya, ia adalah salah satu dari sekian banyak orang yang merasakan manfaat dari rutinnya berolahraga.

“Walau hanya sekali seminggu, namun efek dari berolahraga tersebut sangat dirasakan,” beber Mala sapaan akrabnya.

Dikatakannya, yang paling dirasakannya ialah tubuh terasa enteng dan jelas lebih bugar. Bahkan lebih daripada itu, ia mengaku pikiranpun tenang dan semakin terkontrol.

“Bukan hanya manfaat jasmani yang di dapat, namun rohani pun ikut merasakan manfaatnya dari berolahraga,” ungkapnya.

Olehnya itu, melalui promosi kesehatan rumah sakit, ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk rutin melakukan aktivitas fisik salah satunya ialah dengan rutin berolahraga.

“Tentunya ini sangat sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” pungkasnya.

*4 Kunci Agar Olahraga Bikin Tubuh Sehat dan Bugar

Tujuan seseorang melakukan olahragaadalah demi memiliki tubuh yang sehat yang bugar. Namun, manfaat tersebut tidak bisa didapatkan bila olahraga hanya dilakukan asal-asalan.

Olehnya itu butuh perencanaan matang agar dapat memperoleh manfaat dari berolahraga yang dilakukan

Setidaknya ada lima kunci utama yang perlu diperhatikan dalam berolahraga, yakni ; Pertama adalah Frekuensi, berkaitan dengan durasi atau lamanya olahraga tentunya juga seberapa rutin kita berolahraga.

Kedua adalah Intensitas, berkaitan dengan seberapa berat latihan dan jenis olahraga yang dijalani. Ketiga adalah Waktu, saat berolahraga perhatikan seberapa lama waktu yang diperlukan dan harus konsisten

Keempat adalah Jenis olahraga juga diperhatikan, baiknya memilih olahraga yang disukai atau yang disenangi agar tidak gampang bosan atau capek. (*)

Posted in Berita by PKRS

Leave a Comment

six + six =