Cari Dokter

Angka Kepatuhan Pemberian Label Obat High Alert Oleh Farmasi di Instalasi Farmasi (TRIWULAN I JANUARI-MARET 2021)

15/07/2021

PLAN

  1. Tim berencana mengetahui kejadian pemberian label obat high alert oleh farmasi di instalasi farmasi.
  2. Unit kerja farmasi diminta mengisi dan melaporkan data kejadian kepatuhan pemberian label obat high alert oleh farmasi di instalasi farmasi setiap bulan.
  3. Tidak ada kejadian pemberian obat oleh petugas. Jika terjadi kesalahan pemberian obat oleh petugas harap dilaporkan kepada sub komite keselamatan pasien dalam waktu 2 x 24 jam.

DO

  1. Penilaian data dilakukan setiap hari di masing-masing unit pemberian obat (depo farmasi).
  2. Periode pengumpulan data dilakukan setiap bulan yang kemudian di analisa setiap 3 (tiga) bulan.
  3. Melakukan pemantauan terkait pemberian label obat high alert oleh farmasi di instalasi farmasi.

STUDY

Kejadian kesalahan pemberian label obat oleh petugas termasuk dalam insiden keselamatan pasien, kejadian nyaris cedera maupun kejadian tidak cedera. Kejadian kesalahan pemberian label obat oleh petugas adalah kejadian yang merugikan pasien akibat pemberian label yang salah, yang sebetulnya bisa dicegah.

Berdasarkan grafik 3, dapat dilihat bahwa kejadian pemberian label obat high alert oleh farmasi di instalasi farmasi tidak dilakukan penginputan oleh PIC data farmasi  pada triwulan I tahun 2021. Untuk selanjutnya, indikator ini harus selalu terpantau secara rutin setiap bulan oleh farmasi.

ACTION

Rekomendasi yang diusulkan adalah melakukan identifikasi ulang dan selain itu selalu melakukan monitoring evaluasi terkait pemberian pemberian label obat high alert oleh farmasi di instalasi farmasi kepada pasien serta adanya SPO pemberian label obat.

Leave a Comment

11 + 19 =