Cari Dokter

Angka Kepatuhan Upaya Pencegahan Risiko Cedera Akibat Pasien Jatuh Pada Pasien Rawat Inap (TRIWULAN I JANUARI-MARET 2021)

15/07/2021

PLAN

  1. Tim berencana mengetahui angka kejadian kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap.
  2. Unit kerja rawat inap diminta untuk mengumpulkan indikator mutu angka kejadian kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap setiap bulan.
  3. Target indikator angka kejadian kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap sebesar 100%.

DO

  1. Penilaian data dilakukan setiap hari di setiap unit rawat inap.
  2. Periode pengumpulan data dilakukan setiap bulan yang kemudian di analisa setiap 3 (tiga) bulan.
  3. Melakukan pemantauan terkait kejadian kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap sebesar.

STUDY

Kejadian kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap dilaksanakan dengan tujuan tergambarnya pelayanan keperawatan yang aman bagi pasien di ruang rawat inap yang bebas dari insiden secara cepat dan tiba-tiba berpindah posisi dari tempat tidur ke lantai sampai setengah atau lebih bagian tubuh berada di lantai, sehingga memungkinkan pasien mengalami cedera ringan sampai berat atau tidak menimbulkan cedera. Perawat bertanggung jawab dalam mengidentifikasi pasien yang berisiko jatuh dan membuat suatu rencana keperawatan untuk meminimalkan risiko.

Berdasarkan grafik 7, dapat dilihat bahwa kejadian kepatuhan upaya pencegahan risiko cedera akibat pasien jatuh pada pasien rawat inap mengalami penurunan dari target di triwulan I tahun 2021 dan pada bulan Maret 94,83%. Indikator ini direkomendasikan untuk terus dilakukan pemantauan secara rutin setiap bulan terus melaksanakan peningkatan mutu sesuai dengan metode P-D-C-A.

ACTION

Rekomendasi yang diusulkan antara lain sosialisasi berkesinambungan kepada seluruh petugas yang terlihat dalam pencatatan dan pelaporan pasien jatuh, pelaksanaan supervisi yang ketat untuk menghindari terjadinya kejadian pasien jatuh dan pemberian tanda (stiker warna kuning pada gelang identitas pasien dan pemasangan tanda risiko jatuh pada bed pasien dengan cara digantungkan) untuk semua pasien risiko pasien jatuh.

Leave a Comment

nine − four =