Cari Dokter

Angka Keterlambatan Pelayanan Ambulans di Rumah Sakit Untuk Rujukan Antar Rumah Sakit (TRIWULAN I JANUARI-MARET 2021)

15/07/2021

PLAN

  1. Tim berencana mengetahui keterlambatan pelayanan ambulans di rumah sakit untuk rujukan antar rumah sakit.
  2. Unit kerja SIM-RS diminta untuk melaporkan keterlambatan pelayanan ambulans di rumah sakit untuk rujukan antar rumah sakit setiap bulan.
  3. Target indikator keterlambatan pelayanan ambulans di rumah sakit untuk rujukan antar rumah sakit sebesar 3%

DO

  1. Penilaian data dilakukan setiap bulan di unit evakuasi IGD.
  2. Periode pengumpulan data dilakukan setiap bulan yang kemudian di analisa setiap 3 (tiga) bulan.
  3. Melakukan pemantauan terkait pelaporan indikator keterlambatan pelayanan ambulans di rumah sakit untuk rujukan antar rumah sakit.

STUDY

Rujukan antar rumah sakit adalah proses untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik sesuai kebutuhan pasien dimana rumah sakit yang jadi tujuan terdapat SDM dan fasilitas yang diperlukan sesuai dengan kondisi kesehatan pasien. Salah satu fasilitas untuk memperlancar pelaksanaan proses rujukan adalah tansportasi dari rumah sakit asal ke rumah sakit rujukan. Jenis transportasi dalam hal ini adalah ambulance yang dapat disiapkan oleh rumah sakit atau pihak lain tergantung pilihan pasien dan keluarga. Untuk selanjutnya, tim memonitor pelaksanaan penyediaan ambulance di rumah sakit dalam upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien dalam penyiapan ambulance rumah sakit dengan mengunakan metode P-D-C-A.

Berdasarkan grafik 9, dapat dilihat bahwa tidak ada data yang di input oleh PIC data unit IGD. Indikator tersebut tetap harus dipantau secara rutin setiap bulan dengan terus melaksanakan kegiatan peningkatan dengan metode P-D-C-A

ACTION

Rekomendasi yang diusulkan adalah PIC data unit IGD rutin menginput data dalam SISMADAK untuk mengetahui indikator keterlambatan pelayanan ambulans di rumah sakit untuk rujukan antar rumah sakit.

Posted in Area Manajemen, Indikator Mutu by PKRS

Leave a Comment

five − 1 =