Cari Dokter

Angka Keterlambatan Waktu Penanganan Kerusakan Hadwere/Jaringan Oleh SIM RS (TRIWULAN I JANUARI-MARET 2021)

15/07/2021

PLAN

  1. Tim berencana mengetahui keterlambatan waktu penanganan kerusakan hadwere/jaringan Oleh SIM RS.
  2. Unit kerja SIM-RS diminta untuk melaporkan keterlambatan waktu penanganan kerusakan hadwere/jaringan Oleh SIM RS setiap bulan.
  3. Target indikator keterlambatan waktu penanganan kerusakan hadwere/jaringan Oleh SIM RS sebesar 0%

DO

  1. Penilaian data dilakukan setiap bulan di unit SIM-RS.
  2. Periode pengumpulan data dilakukan setiap bulan yang kemudian di analisa setiap 3 (tiga) bulan.
  3. Melakukan pemantauan terkait pelaporan indikator keterlambatan waktu penanganan kerusakan hadwere/jaringan Oleh SIM RS.

STUDY

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari system informasi kesehatan.

Salah satu persyaratan SIM-RS berdasarkan PMK Nomor 82/2013 antara lain arsitektur SIM-RS paling sedikit terdiri atas kegiatan pelayanan utama (front office), kegiatan administrasi (back office) dan komunikasi dan kolaborasi. Selain itu rumah sakit dapat mengembangkan SIM-RS dengan menambahkan arsitektur pendukung yang berupa Picture Archiver System (PACS), system manajemen dokumen, system antar muka peralatan klinik, serta data warehouse dan bussnes intelegence.

Berdasarkan grafik 8, dapat terlihat tidak ada data yang di input oleh PIC data unit SIM-RS. Indikator tersebut tetap harus dipantau secara rutin setiap bulan dengan terus melaksanakan kegiatan peningkatan dengan metode P-D-C-A

ACTION

Rekomendasi yang diusulkan adalah PIC data unit SIM-RS rutin menginput data dalam SISMADAK untuk mengetahui indikator keterlambatan waktu penanganan kerusakan hadwere/jaringan Oleh SIM RS.

Posted in Area Manajemen, Indikator Mutu by PKRS

Leave a Comment

one × 4 =