Cari Dokter

Area Manajemen


16/07/2019

Tingkatkan Kualitas SDM, Puluhan Pegawai RSUD Bulukumba Ikut Bimtek Perawatan Luka

Humas RSUD BLK , – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan, terus berupaya mengembangkan mutu pelayanan, dimana pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas. Khususnya bagi tenaga kesehatan, Dokter, Bidan, Perawat dan tenaga teknis lainnya, hal itu tentunya demi mewujudkan misi RSUD Bulukumba yakni Meningkatkan Kualitas SDM Rumah Sakit Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Adapun Bimbingan Teknis Perawatan Luka, dilaksanakan di aula pertemuan lantai 2 gedung manajemen RSUD, Selasa (16/7/2019). Bimtek tersebut diikuti oleh puluhan pegawai RSUD, diantaranya para kepala ruangan, koordinator rawat jalan rawat inap, koordinator IGD, dan beberapa perawat profesional. Dalam sambutannya, sebelum membuka acara tersebut, Direktur RSUD Bulukumba, dr. H. Abdur Rajab H,MM, menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah menyempatkan waktu mengikuti Bimtek tersebut. Menurutnya, Rumah Sakit rutin mengadakan pelatihan perawatan luka, hal itu tentunya demi meningkatkan kualitas dan keterampilan tenaga perawat khususnya dalam hal perawatan luka. “Harus diakui bahwa perkembangan dunia kesehatan cukup pesat, begitup

Posted in Area Manajemen, Berita by PKRS
06/07/2018

Dari grafik di atas diketahui bahwa nilai rata-rata SKM berdasarkan sarana dan prasarana di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba adalah tertinggi pada pelayanan Laboratorium PK sebesar 3,38 dan terendah pada pelayanan Gawat Darurat sebesar 2,97. Nilai tersebut termasuk kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah merasa puas dengan sarana dan prasarana yang tersedia pada rumah sakit ini.

06/07/2018

Penanganan pengaduan, saran dan masukan menggambarkan tindak lanjut pemberi pelayanan terhadap pengaduan, saran dan masukan dari masyarakat. Grafik diatas menunjukkan bahwa nilai rata-rata SKM berdasarkan Tindak Lanjut Penanganan Pengaduan di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba tertinggi pada pelayanan Laboratorium PK sebesar 3,37 dan terendah pada pelayanan Instalasi Rawat Inap sebesar 3,04. Jika dilihat dari nilai tersebut, tindak lanjut penanganan pengaduan sudah cukup baik.

06/07/2018

Perilaku petugas pelayanan menggambarkan kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati. Dari grafik terlihat bahwa nilai rata-rata SKM perilaku petugas pelayanan di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba tertinggi pada unit pelayanan Laboratorium PK, dan pelayanan Persalinan dan Perinatologi yaitu sebesar 3,33 dan terendah pada pelayanan Fisioterapi sebesar 3,14. Perilaku petugas sangat berkaitan erat dengan penilaian subyektif pasien. Keahlian, ketepatan pelayanan serta prosedur pelayanan akan tidak bermakna apabila petugas sudah dianggap tidak sopan dan tidak ramah oleh masyarakat.

06/07/2018

Kompetensi petugas pelayanan menggambarkan tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan/ menyelesaikan pelayanan kepada masyarakat. Dari grafik di atas diketahui bahwa nilai rata-rata SKM tertinggi berdasarkan kompetensi petugas pelayanan di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba diperoleh pada dua unit pelayanan yaitu Laboratorium PK dan IGD sebesar 3,43 dan terendah pada pelayanan Instalasi Fisioterapi sebesar 3,11. Kompetensi petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan sangat berhubungan dengan beban tanggung jawab seorang petugas. Untuk itu dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi petugas kesehatan, RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba terus berupaya mengikutsertakan tenaga kesehatan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai dengan kompetensinya termasuk dorongan untuk mengikuti seminar dalam rangka peningkatan wawasan petugas kesehatan. Upaya tersebut sampai saat ini telah dirasakan oleh masyarakat luas sehingga kompetensi petugas tersebut telah mendapat pengakuan yang dibuktikan dengan nilai SKM untuk indikator kompetensi petugas memperoleh nilai antara 3,11 – 3,43 dengan kata lain indikator ini dapat dikategorikan baik.