Cari Dokter

Dokter RSUD Bulukumba: 5 Tanda Dehidrasi yang Wajib Diketahui

18/10/2019

Dokter RSUD Bulukumba: 5 Tanda Dehidrasi yang Wajib Diketahui

Humas RSUD BLK, – Apa saja tanda-tanda dehidrasi yang wajib anda ketahui?

Dalam penjelasan singkatnya, dr.Rudy Karima, merupakan dokter umum di RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, menyampaikan, bahwa sedikitnya terdapat 5 tanda tubuh dalam kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi.

“Pertama, Merasa haus dan pusing, Kedua, Mulut dan kulit kering, Ketiga, Kelelahan. Dan Keempat, Jarang buang air kecil,” beber dr. Rudy, Kamis (17/10/2019).

Selain keempat tanda tersebut, dr. Rudy yang kesehariannya bertugas di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), mengatakan terdapat 1 tanda lagi yang paling jelas dan sangat mudah diketahui apakah tubuh kita kekurangan cairan atau tidak yaitu Urine berwarna lebih gelap, serta berbau lebih kuat, bila dibandingkan dengan kondisi normal.

Dijelaskannya, bahwa dehidrasi secara umum merupakan kondisi diamana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk atau yang didapatkan.

Sehingga ini berdampak pada terganggunya keseimbangan zat gula dan garam dalam tubuh, yang mengakibatkan tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Dari banyak kasus, dehidrasi terkadang dianggap sebagai permasalahan kondisi tubuh yang tidak perlu ditangani secara serius, bahkan diantaranya banyak yang menganggap sebagai haus biasa.

Namun, jika gejala awal dehidrasi tidak ditangani dengan baik, akan dapat mengganggu fungsi tubuh.

“Olehnya itu, sangat penting mengenali tanda – tanda awal dari gejala dehidrasi, sehingga kita kebih cermat dan teliti kapan saatnya tubuh membutuhkan cairan,” iimbuhnya.

Tahukah Anda, Separuh Dari Tubuh Kita Adalah Cairan

Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah lebih dari 60% dari total berat badan.

Kandungan air yang ideal di dalam tubuh seseorang sangat penting, dan berfungsi untuk membantu kerja – kerja sistem pencernaan.

Antara lain, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembabkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, dan yang paling penting adalah sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Selain dengan menkomsumsi air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

“Dengan minum air putih atau juz buah, tentunya dapat membantu dalam pemenuhan cairan tubuh,” ungkapnya. (*)

Posted in Berita, Kegiatan Promkes by PKRS

Leave a Comment

14 + fifteen =