Cari Dokter

Komite PMKP-PPI RSUD Bulukumba Edukasi Pengunjung dan Pegawai Melalui PITSTOP

29/08/2019

Komite PMKP-PPI RSUD Bulukumba Edukasi Pengunjung dan Pegawai Melalui PITSTOP

Humas RSUD BLK, – Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) bersama dengan Komite Pencegahan Dan Penanggulangan Infeksi (PPI), RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja, Bulukumba, Sulawesi Selatan, menggelar acara yang unik untuk menyampaikan program-program di kedua pokja akreditasi tersebut.

Acara yang bertemakan PITSTOP PMKP dan PPI itu berhasil menyedot perhatian pengunjung dan pegawai rumah sakit, bertempat di pelataran teras depan RSUD Bulukumba, Kamis (29/8/2019).

Dalam sambutannya, ketua komite PPI RSUD Bulukumba, dr.Hj.Ariani Said Culla, Sp.PK, menyampaikan terima kasih kepada manajemen RSUD yang selalu mendukung dan memberikan suppor di setiap kegiatan yang dilakukan.

Dijelaskannya, bahwa kegiatan ini merupakan uji coba dan baru pertama kalinya dilakukan sebagai sarana media edukasi dan penyampaian program kerja.

“Ini merupakan ide kekinian dari teman – teman di PPI dan PMKP dalam merancangan acara yang unik ini, dimana nantinya juga kami di PPI akan mengukur sejauh mana tingkat efektifitasnya,” tutur dr.Ani.

Dalam acara itu, setiap pegawai diwajibkan mempraktekan cara cuci tangan yang baik dan benar, serta menyebutkan poin-poin penting dalam pokja PMKP seperti 6 sasaran keselamatan pasien dan 5 (five) momen, juga disediakan poto boot.

Dirinya mengakui, bahwa sejalan dengan perkembangan teknologi dan kemajuan didunia kesehatan, tentunya memerlukan cara-cara yang kreatif dan menarik dalam penyampaian informasi.

“Dimana cara-cara yang lama atau cara monoton tidak lagi sesuai dengan jamannya, olehnya itu kegiatan ini dianggap mampu membuat lebih paham dan mengerti lebih banyak terkait komite PPI dan PMKP,” jelasnya.

Sementara itu, Komite PMKP dr.Rismayanti Waris, Sp.GK, mengatakan bahwa poin penting dalam acara tersebut adalah untuk mengukur sampai dimanakah tingkat pemahaman karyawan terkait hand hygiene dan sasaran keselamatan pasien.

Dirinya menekankan, bahwa setiap pegawai kesehatan khususnya yang berada di RSUD harus betul-betul paham dan mampu mengaplikasikan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya terlebih dalam memberikan pelayanan ke pasien.

Turut hadir dalam acara itu, Direktur RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja, dr. H. Abdur Rajab H,MM, yang sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh komite PPI dan PMKP itu. Ia menyampaikan, bahwa acara ini bukan sekedar seremonial semata namun juga erat kaitannya dengan akreditasi.

Dimana tidak lama lagi, lanjut dr.Rajab, RSUD Bulukumba akan dilakukan Re-survei akreditasi versi SNARS oleh KARS pusat yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir September mendatang.

“Secara tidak langsung, kegiatan ini merupakan pendalaman materi dari elemen penilaian akreditasi. Dimana hand hygiene dan sasaran keselamatan pasien memiliki penilaian cukup tinggi dalam survei nanti,” ucap dr.Rajab yang juga ikut mempraktekan cara mencuci tangan.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan kreasi dan kreativitas yang baru dan lebih menarik lagi. (*)

Leave a Comment

8 + 15 =