Cari Dokter

UTD RSUD Bulukumba Kumpulkan 85 Kantong Darah HUT KSP Berkat

20/02/2020

UTD RSUD Bulukumba Kumpulkan 85 Kantong Darah HUT KSP Berkat

Humas RSUD BLK – Unit Transfusi Darah (UTD) RSUS H.Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba bekerjasama KSP Berkat Pusat Bulukumba menggelar donor darah, di Gedung KSP Berkat Bulukumba, Kamis (20/2/2020).

Aksi donor darah ini, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) KSP Berkat ke 52 tahun, yang jatuh pada tanggal 25 Februari 2020.

Ketua KSP Berkat H.Andi Makkasau mengatakan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan merupakan rangkaian HUT KSP Berkat yang rutin dilakukan setiap tahun.

“Kegiatan ini kita lakukan, sebagai bentuk kepedulian sosial KSP Berkat kepada masyarakat Bulukumba. Hasil donor darah yang terkumpul kita serahkan ke UTD RSUD Bulukumba. Tahun ini, jumlah kantong darah yang terkumpul meningkat dari tahun lalu. Kami ucapkan terimakasih kepada para pendonor yang telah menyumbangkan darahnya,” ucap Andi Makkasau yang akrab disapa Karaeng Lompo.

Sementara itu, Kepala UTD RSUD Bulukumba Hj. Wati Sapiuddin, mengatakan, antusias pendonor darah dalam rangka HUT KSP Berkat tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, kami berhasil kumpulkan sebanyak 85 kantong darah dari 125 peserta pendaftar, selebihnya 40 orang tidak berhasil karena tidak terpenuhi kriteria dari hasil pemeriksaan dokter Jalil,” kata Hj. Wati.

Dirinya, mengucapkan terimakasih kepada managemen KSP Berkat yang menggelar donor darah. Ucapan yang tak terhingga juga ia sampaikan kepada masyarakat yang telah datang jauh-jauh untuk ikut donor darah.

“Kami sangat puas dengan jumlah kantong darah yang terkumpul banyak pagi hingga sore tadi. Semoga tahun depan KSP Berkat dan UTD RSUD Bulukumba bisa bekerjasama lagi untuk menggelar donor darah, dan tentunya tahun depan lebih meningkat lagi jumlah pendonor darahnya,” ucapnya.

Hj. Wati, juga mengungkapkan, dari 85 kantong darah yang terkumpul cukup untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien di rumah sakit selama 10 hari kedepan.

Tentunya UTD RSUD Bulukumba tidak pernah berhenti mengajak masyarakat yang ingin mendonor darahnya, kapan pun dan dimanapun. RSUD Bulukumba saat ini masih terus membutuhkan darah, karena kebutuhan darah di rumah sakit setiap bulan terpenuhi sebanyak 300 kantong darah.

“Kami juga menyarankan tips untuk melakukan donor darah minimal 3 bulan sekali, atau idealnya 3 hingga 4 kali setahun. Adapun manfaat donor darah bagi tubuh, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, menurunkan risiko kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia,” jelas Hj. Wati.

Sekadar diketahui, setiap UTD RSUD Bulukumba diundang melakukan donor darah oleh penyelenggara kegiatan, pihaknya menyiapkan hindangan mie instan, bubur kacang hijau, vitamin, air mineral dan sebagainya.

Lanjut Hj. Wati, beberapa tips yang harus dilakukan setelah donor darah. Untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat terjadi setelah donor darah, ada baiknya Anda mengikuti saran berikut ini.

Hindari mengangkat beban berat atau melakukan olahraga berat selama beberapa hari setelah Anda donor darah. Perbanyak istirahat sehingga tubuh Anda tidak mengalami kelelahan.

Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setelah melakukan donor darah. Jaga perban strip dengan baik selama beberapa jam setelah Anda donor darah.

Jika bekas suntikan jarum mulai berdarah, tekan bagian tersebut dan angkat lengan lurus ke atas selama sekitar 5-10 menit atau sampai perdarahan berhenti.

Jika Anda merasa pusing setelah donor darah, sebaiknya Anda istirahat sebentar, duduk atau berbaring, sampai Anda merasa lebih baik.

Hindari melakukan aktivitas apapun yang bisa menyebabkan Anda pingsan, setidaknya selama 24 jam setelah Anda donor darah. (*)

Posted in Berita by PKRS

Leave a Comment

19 + twenty =