Cari Dokter

WFH Sering Tatap Layar Laptop? Ini Beberapa Tips Buat Jaga Kesehatan Mata

19/08/2021

WFH Sering Tatap Layar Laptop? Ini Beberapa Tips Buat Jaga Kesehatan Mata

Humas RSUD BLK,,— Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) masih banyak dilakukan masyarakat di masa pandemi covid 19. Tentunya hal ini membuat sebagian orang bekerja dari rumah yang mengharuskan untuk menatap layar komputer atau handpone dalam waktu yang cukup lama.

Tentu saja hal ini bisa saja menyebabkan mata kering, merah, dan gejala lainnya yang membuat tidak nyaman.

“Di saat kondisi tersebut, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata agar pandangan tetap jernih dan tak kabur”, kata Kasubag Humas dan Promkes RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga mata agar tetap sehat meski sering menatap layar komputer maupun Hp.

Pertama, menggunakan aturan 20-20-20. Caranya adalah setiap 20 menit alihkan pandangan ke sebuah benda yang berjarak sekitar 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik. ini akan membuat mata menjadi rileks, karena persepsi pandangan berubah dari jarak dekat ke jarak jauh.

Sering – seringlah Berkedip, Banyak orang sering kali lupa untuk berkedip, ketika menatap layar komputer ternyata hal ini sangatlah penting, karena dapat menjaga kelembapan mata sehingga mata tidak kering.

Mengatur tingkat kecerahan Layar Komputer atau Hp, yakni Mengurangi kecerahan layar. ini dapat menjadi strategi untuk menjaga kesehatan mata sehingga mata lebih nyaman saat menatap layar.

“Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata di saat bekerja dari rumah. Namun, Jika merasakan ada hal yang aneh dengan kondisi mata selama bekerja, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis mata di RSUD Bulukumba”, pungkas Mala.

Posted in Berita by PKRS

Leave a Comment

2 × 3 =